Jakarta – Teka-teki soal pelaksanaan mudik di tahun ini masih dilarang atau tidak belum terungkap. Pada umumnya, momen bulan puasa dan menjelang lebaran jadi waktu bagi masyarakat untuk pulang kampung alias mudik ke kampung halaman.
Namun, sudah dua tahun ini mudik dilarang pemerintah. Alasannya mencegah penularan transmisi penyebaran kasus COVID-19 antar daerah. Seperti diketahui dua tahun kemarin pandemi COVID-19 memang sedang tinggi-tingginya di Indonesia.

Sampai saat ini sendiri, belum ada pernyataan resmi dari pemerintah soal mudik diperbolehkan lagi atau tidak. Meski begitu, beberapa pejabat justru mulai memberikan ‘kode keras’ yang menyebutkan mudik akan diperbolehkan tahun ini.
Kode keras itu pertama kali diungkap oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. Ketika ditanya soal keputusan mudik dia bilang memang belum ada. Namun, dirinya memberikan sinyal pemerintah bakal mengizinkan warga mudik Lebaran tahun ini. Katanya, pemerintah sedang merapihkan aturan soal mudik.

Belum, tapi insyaallah mudik boleh, insyaallah. Mau kita rapihkan saja aturannya,kata Muhadjir kepada wartawan di gedung Kemenko PMK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *