JAKARTA – Menjodohkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki hasil yang positif jelang gelaran Pilpres 2024 mendatang.

Hal ini berdasarkan hasil lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Maret 2022.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas menjelaskan, pihaknya melakukan simulasi pilihan pada tiga pasangan.

“Hasilnya, pasangan Anies-AHY mendapatkan 29,8 persen suara. Ganjar-Airlangga 28,5 persen. Prabowo-Puan 27,5 persen. Masih ada 14,3 persen yang belum menentukan pilihan,” kata Abbas dalam paparannya secara daring melalui kanal Youtuber SMRC TV, Kamis (7/4/2022).

Ia menyebut, dalam simulasi Airlangga menjadi capres dan berpasangan dengan Ganjar Pranowo sebagai cawapresnya, malah menunjukkan tren penurunan pada pasangan tersebut.

“Airlangga- Ganjar vs Anies-AHY vs Prabowo-Puan. Pasangan Anies-AHY mengalami penguatan dukungan menjadi 32,3 persen, disusul Prabowo-Puan 29 persen. Sementara suara Airlangga-Ganjar ada di bawah keduanya secara signifikan, 22,6 persen. Masih ada 16,1 persen yang belum menentukan pilihan,” katanya.

Survei terbaru ini dilakukan pada 1.220 responden yang dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling terhadap keseluruhan populasi atau warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih, yakni mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *