Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melantik anggota KPU dan Bawaslu terpilih hari ini. Pelantikan ini disebut sebagai bukti pemerintah fokus menyiapkan Pemilu 2024.
Kabar pelantikan anggota KPU dan Bawaslu RI itu disampaikan Menko Polhukam Mahfud Md, Sabtu (9/4/2022). Mahfud mengatakan anggota KPU yang telah dipilih oleh DPR akan dilantik Jokowi.

“Saya sampaikan bahwa pada hari Selasa, tanggal 12 April 2022, Presiden akan melantik anggota KPU dan Bawaslu yang telah dipilih secara sah melalui proses seleksi oleh panitia independen dan DPR,” kata Mahfud.

Mahfud mengatakan pelantikan anggota KPU dan Bawaslu terpilih merupakan bukti pemerintah fokus menyiapkan Pemilu 2024. Dia mengatakan pemerintah tak akan mengintervensi kerja KPU dan Bawaslu.

“Ini sebagai bukti bahwa pemerintah fokus menyiapkan pelaksanaan Pemilu 2024 bersama KPU dan DPR dengan tetap menghormati independensi KPU dan Bawaslu. Kami tidak akan mengintervensi, tapi akan menyiapkan Pemilu 2024 sesuai dengan konstitusi dan undang-undang,” ucapnya.

Dia berharap anggota KPU dan Bawaslu yang baru langsung bekerja menyiapkan pemilu 2024. Dia mengatakan pemilu harus berjalan sesuai konstitusi.

Berikut daftar anggota KPU dan Bawaslu terpilih:

KPU:

1. Betty Epsilon Idroos
2. Hasyim Asy’ari
3. Mochammad Afifuddin
4. Parsadaan Harahap
5. Yulianto Sudrajat
6. Idham Holik
7. August Melaz

Bawaslu:

1. Lolly Suhenty
2. Puadi
3. Rahmat Bagja
4. Totok Haryono
5. Herwyn Jefler H. Malond

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *