Jakarta – Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando menjadi korban pengeroyokan oleh sejumlah massa di demonstrasi mahasiswa yang digelar di depan gedung DPR, Jakarta Pusat. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meyakini adanya aktor intelektual di balik kasus tersebut.
“Kami yakin ada aktor intelektualnya dan kami nggak tahu siapa. Tapi harus dicari dan dihukum seberat-beratnya,” kata Grace Natalie di RS Siloam, Jakarta Selatan, Senin (11/4/2022).

Grace Natalie malam ini menjenguk Ade Armando. Dia menyebut ada sejumlah luka yang diderita Ade Armando.

Menurut Grace, para pengeroyok Ade Armando bukan merupakan mahasiswa. Grace menyebut para pelaku sebagai bagian dari kelompok intoleran yang selama ini menjadi subjek kritik Ade Armando.

“Jadi kalau hari ini masih ada yang berpikir kalau kelompok intoleran itu bisa kita toleransi ya ngeri banget. Orang-orang kaya gini menggunakan demokrasi dengan segala cara, tapi dengan kekerasan untuk menyampaikan maksud mereka atau perjuangkan apa yang mereka yakini,” jelas Grace.
“Hari ini kira bisa libat bagaimana keberingasan kelompok ini jadi penumpang gelap dalam kepentingan mereka,” sambungnya.

Lebih lanjut Grace mengatakan pengeroyokan kepada Ade Armando tidak terjadi secara spontanitas. Namun ada pihak-pihak yang diduga menjadi dalang dalam kasus tersebut.

“Jadi jangan yang mukul atau injek-injek aja harapan kita nggak berhenti sampai di situ. Kami yakin pasti ada aktor intelektual nggak mungkin orang bisa berkumpul dikumpulkan, dimobilisasi, nggak mungkin kalau nggak ada aktor intelektual dan itu yang harus dicari,” tutur Grace.

Polisi Tangkap Terduga Pengeroyok Ade Armando
Sebelumnya diberitakan, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan anggotanya sudah mengamankan sejumlah kelompok yang diduga terkait dalam pengeroyokan Ade Armando. Namun pihak yang tak terbukti akan dipulangkan.

“Kita sedang identifikasi, jika dia tidak melakukan apa-apa, kita pulangkan kepada orang tuanya,” ucap Irjen Fadil di gedung DPR, Jakarta, Senin (11/4/2022).

Polisi juga telah mengidentifikasi terduga pelaku lain. Dia meminta para pelaku untuk menyerahkan diri.

“Kami sudah mengidentifikasi kelompoknya, sekaligus orang-orangnya. Nanti, mungkin besok kami akan lakukan upaya penegakan hukum. Kami akan umumkan identitas pelaku. jika tidak menyerahkan diri, kami akan lakukan penangkapan,” tambahnya.

Warganet ramai menyoroti cuitan seseorang yang diduga memprovokasi massa di lokasi aksi untuk mengeroyok Ade Armando. Polisi juga telah mengidentifikasi pihak yang membuat cuitan tersebut.

“Kita akan dalami orangnya, dan kita sudah tahu orangnya. Kita akan cari dan kejar itu, karena dia yang salah satu memprovokasi untuk melakukan penyerangan terhadap saudara Ade Armando,” ungkapnya.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *