Jakarta – Pemerintah sudah menerapkan cuti bersama hari raya Idul Fitri akan berlangsung pada 29 April – 6 Mei 2022, dan pasti detikers juga setuju cuti bersama ini terbilang cukup panjang. Tapi detikers tahu tidak apa alasan pemerintah memberi cuti panjang. Ternyata cuti bersama yang lebih panjang ini diterapkan agar warga lebih nyaman mudik ke kampung halaman. Budi menambahkan perihal cuti bersama pun menjadi poin penting bagi masyarakat agar bisa mudik ke kampung halaman.

Seperti yang disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam program Blak-Blakan. Budi menjelaskan jika perjalanan mudik tidak terbagi-bagi, maka jalanan bisa menjadi stuck akibat volume kendaraan yang sangat tinggi.

Budi menambahkan perihal cuti bersama pun menjadi poin penting bagi masyarakat agar bisa mudik ke kampung halaman.

“Itu kita memang diskusi sampai cuti, kan kalau cuti wajib sudah dibuat, 29 April sampai dengan 6 Mei, jadi tanggal 8 bisa pulang. Nanti yang sebelum tanggal 27 April itu nanti orang boleh minta cuti. Jadi semua pegawai negeri, swasta boleh juga setelahnya itu. Bahkan ada ide gimana kalau menteri pendidikan memberikan kegiatan online kepada anak anak di sebelum dan sesudah, tapi ini masih diskusi mungkin besok diputuskan,” penjelasan Budi.

“Nah ini betapa kita melakukan diskusi yang intensif, tadi pak sore pak presiden secara formal menyatakan bahwa ini kalau bisa mudik dimajukan,” ujar Budi.

Jadwal Cuti Bersama Lebaran 2022
Pemerintah menetapkan jadwal cuti bersama Lebaran 2022 dan Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Cuti bersama Lebaran ini terhitung mulai 29 April dan 4, 5, 6 Mei 2022. Jika dihitung dengan hari Sabtu dan Minggu, periode libur Lebaran 2022 total berjumlah 10 hari.

Hal tersebut dituangkan dalam keputusan bersama tiga menteri bernomor 375/2022, 1/2022. dan 1/2022 yang diteken pada 7 April 2022 oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menaker Ida Fauziyah, dan MenpanRB Tjahjo Kumolo.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *