Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) merespons peluang bisa dipinang kembali oleh Partai Gerindra pada Pemilu 2024 mendatang. RK mengatakan, politik memiliki dinamikanya tersendiri yang harus dicermati secara rasional.
“Tadi disampaikan, dalam politik kan dinamika itu ada. Dan kita harus belajar rasional,” katanya kepada detikJabar saat ditemui di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (24/4/2022).

Baginya, dinamika dalam dunia politik menjadi hal yang wajar. Termasuk hubungan dengan Partai Gerindra yang pasang surut saat memasuki tahun politik beberapa tahun lalu. Namun menurut RK, masa lalu itu tak usah diungkit kembali dan tinggal mempersiapkan untuk masa yang akan datang.

“Artinya jangan selalu melihat ke masa lalu dan lihatlah ke masa depan. Karena itu yang paling penting,” ucapnya.

Sebagai informasi, Gerindra sempat menjadi partai pengusung Ridwan Kamil yang maju sebagai Calon Wali Kota Bandung pada tahun 2013 lalu. Namun saat hendak maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat pada 2018, hubungan Ridwan Kamil dengan Gerindra mengalami keretakan.

Gerindra pun akhirnya memutuskan tak memberi restu kepada Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat tahun 2018. Sementara, Ridwan Kamil memilih maju dengan menggandeng Uu Ruzhanul Ulum dan diusung oleh empat partai yaitu PPP, PKB, NasDem dan Hanura.

Kini, peluang Ridwan Kamil dipinang kembali oleh Gerindra terbuka lagi. Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang memberi sinyal partainya akan membuka peluang untuk Kang Emil supaya bisa ‘mesra’ lagi dengan Gerindra seperti di Pilkada Kota Bandung tahun 2013 lalu.

“Ya, semuanya terbuka,” kata Ahmad Muzani.

Namun begitu, Muzani tak secara gamblang menyebut bagaimana peluang yang akan dibahas Gerindra dengan Kang Emil di 2024 mendatang. Ia hanya menyatakan, Gerindra tengah mencari sosok yang memang pantas untuk bertarung di Pemilu 2024.

“Kami sampai sekarang juga sedang berkomunikasi dengan semua pihak, semua tokoh-tokoh yang bisa kami anggap pantas untuk berlaga di 2024,” tuturnya.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *