Jakarta – Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. Jokowi dan Anies mengecek langsung kesiapan sirkuit Formula E yang bakal digelar pada Juni mendatang. Jokowi dan Anies tiba di area sirkuit Formula E pukul 15.12 WIB, Senin (25/4/2022). Anies terlihat menyopiri Jokowi menggunakan mobil buggy golf saat meninjau sirkuit Formula E.

Sirkuit Formula E sendiri memiliki lima zona dengan panjang lintasan 2,5 kilometer serta memiliki 18 tikungan. Sirkuit Formula E dilengkapi banking atau lintasan yang sengaja dimiringkan. Kemiringannya mencapai 6 derajat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan trek sirkuit Formula E sudah 100 persen selesai. Namun paddock hingga grand stand penonton masih dalam proses pembangunan.

“Kalau untuk treknya sudah 100 persen selesai, sekarang yang dalam proses pembangunan adalah paddock, grand stand, kemudian pagar nanti di atas beton-beton ini akan ada pagar yang untuk melindungi,” ujar Anies.

Anies mengatakan mal dekat sirkuit Formula E juga akan dimanfaatkan untuk tamu penonton. Anies memastikan trek Formula E saat ini sudah 100 persen tuntas.

“Tapi secara umum sirkuit sudah 100 persen,” kata Anies.

Presiden Jokowi mengatakan trek balapan Formula E sudah siap. Jokowi juga memberikan catatan terkait persiapan Formula E. Dia berharap masyarakat bisa melihat Formula E pada Juni mendatang.

“Ya saya ingin melihat persiapan Formula E seperti apa dan di lapangan seperti kita lihat, saya kira untuk trek balapannya sudah siap,” kata Jokowi.

“Kemudian mungkin yang tinggal dikejar paddock dan untuk grand stand-nya, masih ada waktu habis Lebaran. Dan ya kita harapkan di awal Juni, kita bisa melihat balapannya,” ujar Jokowi.

Usai kunjungan ke sirkuit Formula E, Anies mengunggah sejumlah momen bersama Jokowi di trek balap mobil listrik itu. Anies berterima kasih atas kunjungan Jokowi.

“Terima kasih Bapak Presiden Joko Widodo sudah menyempatkan hadir ke Sirkuit Formula-E di Ancol siang ini,” ucap Anies lewat akun Instagramnya.

Anies berharap sirkuit yang masih tahap pembangunan dari sisi paddock hingga grand stand itu bisa segera selesai sempurna. Anies juga berharap balap mobil listrik ini bisa mengharumkan nama Indonesia.

“Kita harap sirkuit yang sudah hampir tuntas ini bisa selesai sempurna, siap jadi tuan rumah acara internasional, dan bawa nama baik untuk negara Indonesia dan Kota Jakarta,” kata Anies.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai kebersamaan Jokowi dan Anies bukan sekadar momen kepala negara dengan kepala daerah biasa.

“Pertama, ini jadi momen indah harmonisasi hubungan Jokowi dan Anies yang selama ini selalu dihadap-hadapkan. Jokowi dan Anies sepertinya ingin sama-sama memastikan Formula E sukses untuk kebaikan bersama, bukan hanya untuk Jakarta dan Istana, tapi untuk rakyat Indonesia seluruhnya,” kata Adi.

Kebersamaan Jokowi dan Anies juga dinilai ingin meninggalkan kesan tak hanya MotoGP Mandalika yang ‘diurus’. Kesan tersebut riuh di antara pendukung Jokowi dan Anies sehingga, menurut Adi, perlu ‘dibatalkan’ dengan peninjauan sirkuit Formula E.

Di sisi lain, Anies tak bisa nantinya hanya mengklaim kesuksesan Formula E sebagai kerja keras Ibu Kota. Namun, dengan ada ‘campur tangan’ Jokowi, gelaran Formula E terlihat menjadi ajang seluruh masyarakat Indonesia.

“Ketiga, dengan kejadian ini, kesuksesan Formula E tak bisa lagi dikapitalisasi hanya kesuksesan Anies, tapi juga kesuksesan Jokowi sebagai kepala negara. Anies tak bisa lagi secara eksklusif mengapling Formula E hanya hajatan Jakarta. Tapi hajatan bangsa juga,” ujar Adi.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *