Jakarta – Surat Danramil 1701-02/Jayapura Utara berisi permintaan bantuan ke warung makan beredar di media sosial (medsos) dan dikomentari ribuan warganet. TNI AD buka suara terkait surat Danramil Jayapura Utara dimaksud.

Dalam surat yang beredar, Rabu (27/4/2022), tertulis bahwa permintaan bantuan ditujukan kepada warung makan dalam rangka menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022. Surat itu bernomor B/15/IV/2022.

Dalam surat tertanggal 18 April 2022 itu disebutkan bantuan yang diberikan akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu, yang berada di wilayah Koramil 1701-02/Jayapura Utara. Surat itu ditandatangani Danramil Jayapura Utara Kapten Infanteri Yubertinus Simibiak.

Masih berdasarkan isi surat Danramil Jayapura Utara. Bantuan yang diminta berupa minuman kaleng atau minuman air mineral. Selain itu, tertulis nomor handphone yang bisa dihubungi apabila pihak warung makan bersedia memberikan bantuan.

Terpisah, Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen Tatang Subarna mengonfirmasi surat permintaan bantuan tersebut. TNI AD menyayangkan.

“Benar terdapat surat permintaan bantuan dan partisipasi tersebut yang ditandatangani Danramil 1701-02/Jayapura Utara. TNI AD sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan oknum Danramil 1701-02/Jayapura Utara, dan akan memberikan sanksi karena telah mencoreng nama baik institusi,” kata Brigjen Tatang dalam keterangan tertulis, Rabu (27/4/2022).

Brigjen Tatang mengatakan surat permintaan bantuan tersebut dibuat tanpa sepengetahuan Dandim 1701/Jayapura Utara, selaku atasan Danramil Jayapura Utara. Dandim Jayapura Utara juga sudah menginstruksikan untuk mengembalikan seluruh bantuan yang telah diterima.

“Surat permintaan tersebut dibuat tanpa sepengetahuan atau tanpa ada perintah dari Dandim 1701/Jayapura Utara selaku atasan langsung Danramil 1701-02/Jayapura Utara,” ucap Tatang.

“Selaku atasan, Dandim 1701/Jayapura telah memerintahkan Danramil 1701-02/Jayapura Utara menarik surat tersebut dan mengembalikan semua bantuan yang telah diterima oleh Koramil 1701-02/ Jayapura Utara,” imbuhnya.

Tatang menuturkan TNI AD meminta maaf kepada seluruh pihak warung makan atas surat permintaan bantuan tersebut. Dia mengimbau masyarakat tak ragu melapor kepada satuan TNI AD terdekat apabila menemui kejadian yang merugikan akibat tindakan prajurit TNI AD.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *