Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Jokowi kembali menegaskan bahwa Indonesia akan tetap mendukung perundingan damai antara Ukraina dan Rusia.
“Kemarin saya berbicara dengan Presiden Ukraina @ZelenskyyUa,” kata Jokowi dalam akun Twitternya, Kamis (28/4/2022).

“Saya kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap segala upaya agar perundingan damai berhasil dan siap memberikan bantuan kemanusiaan,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, perundingan damai antara Ukraina dan Rusia belum tercapai. Bahkan, Rusia memperingatkan konflik Ukraina berisiko meningkat menjadi Perang Dunia III. Peringatan itu disampaikan Rusia merespons kunjungan pejabat Amerika Serikat ke Ukraina.

Seperti dilansir AFP, Selasa (26/4/2022), hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov untuk menanggapi pernyataan Amerika Serikat bahwa Ukraina bisa mengalahkan Rusia. Lavrov menyebut peringatan itu juga bagian dari kritik terhadap Ukraina yang mencoba menggagalkan pembicaraan damai.

“Risiko Perang Dunia III sangat serius,” ucap Lavrov.

“Itu nyata, kamu tidak bisa meremehkannya,” lanjut dia.

Lebih lanjut, Lavrov menyebut Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga ‘berpura-pura’ bernegosiasi dengan Rusia. Dia menambahkan sikap Zelensky merupakan kontradiksi.

“Anda akan menemukan seribu kontradiksi,” ujar dia.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *