Pinrang – Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 3,9 mengguncang Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pusat gempa berada di laut 22 kilometer barat daya Pinrang yang dirasakan hingga ke Parepare dan di dua wilayah Sulawesi Barat, yakni Majene dan Polman.

Informasi resmi yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada Rabu (11/5/2022) sekitar pukul 09.18 WIB.

“Gempa magnitudo: 3,9, 11 Mei 2022 09:18:55 WIB,” tulis BMKG dalam keterangan resminya, Rabu (11/5).

Gempa berkekuatan M 3,9 yang dirasakan (MMI) berskala III-IV di Pinrang, dan skala II ke Kota Parepare. Selain itu terasa ke dua wilayah Sulawesi Barat (Sulbar), yakni skala II masing-masing di Kabupaten Majene hingga Polman.

Untuk getaran gempa skala II, artinya getaran hanya dirasakan beberapa orang dengan tanda benda-benda ringan bergoyoang. Sementara skala III, getaran dirasakan di dalam rumah, sedangkan skala IV dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, hingga dinding berbunyi.

Berdasarkan informasi BMKG, gempa dilaporkan terjadi di kedalaman 7 km. Titik koordinat lokasi 3,78 LS (lintang selatan), 119.40 BT (bujur timur)

“Gempa dirasakan magnitudo: 3,9, kedalaman 7 km,” tulis BMKG.

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan lebih lanjut terkait ada atau tidak dampak kerusakan dan korban jiwa dari gempa bumi tersebut.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *