Ende – Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang dijuluki Kota Pancasila menggelar Festival Pesona Kebangsaan selama dua hari, yaitu tanggal 30 Mei-1 Juni 2022.
Festival ini diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ende bareng sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Berbeda dengan tahun, festival tahun ini akan dibuat lebih meriah dan istimewa.

Festival Parade Pesona Kebangsaan 2022 mengusung tema “Pancasila Rumah Kita dari Ende untuk Indonesia

1. Parade Laut

Parade laut dimulai dengan doa bersama, dialog Pancasila, sampai parade perahu dan kapal nelayan sambil mengarak simbol Pancasila raksasa.

Rute yang akan dilalaui parade laut, adalah Pulau Ende menuju Pelabuhan Ende (Pelabuhan Soekarno).

2. Parade Udara

Menonton paralayang di Festival Parade Kebangsaan bisa jadi hiburan menarik. Garis awal paralayang berada di Puncak Paralayang Kezimara dan mendarat di Pantai Kota Raja.

3. Parade Darat

Parade yang satu ini menyugukan keunikan seni dan budaya khas Ende dan nusantara.

Ada pembacaan narasi di setiap situs bersejarah yang dilewati selama Parade Darat berlangsung, yaitu:

Pelabuhan Soekarno
Kantor Polisi Militer
Rumah Pengasingan Soekarno
Serambi Soekarno
Gedung Imaculata
Makam Ibu Amsi
Taman Permenungan Pancasila
Selain ketiga parade tersebut, kegiatan lain yang tak kalah penting adalah malam renungan dan upacara Pancasila. Kegiatan wajib dalam Festival Parade Kebangsaan di Ende ini, dilaksanakan di Taman Bung Karno.

Malam renungan dilaksanakan pada malam hari sebelum peringatan Hari Lahir Pancasila, tepatnya pada 31 Mei 2022. Kegiatan diisi dengan penyalaan obor dan renungan.

Sementara itu, upacara dilaksanakan pada 1 Juni 2022 di Lapangan Pancasila. Kegiatan diisi dengan Dialog dan Orasi Pancasila Rumah Kita dari Ende untuk Indonesia. Masyarakat yang datang juga bisa melihat dan belanja produk UMKM lokal di Pameran Ekonomi Kreatif.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *