Jakarta – Tren kasus COVID-19 di Indonesia terus menunjukkan penurunan. Menyusul situasi pandemi yang semakin membaik ini, pemerintah mulai melonggarkan sejumlah aturan termasuk diperbolehkan tidak memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.
Namun, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan pelonggaran aturan ini masih akan terus dipantau perkembangannya. Jika ke depannya kasus masih terkendali, kemungkinan Indonesia bisa bebas masker sepenuhnya bisa saja terwujud.

“Kalau memang kasusnya relatif lebih baik, kita juga akan lakukan sero survei sekali lagi di bulan Juni, kalau hasilnya baik mudah-mudahan bisa secara bertahap kita lakukan relaksasi,” ungkap Menkes yang dikutip dari laman Sehat Negeriku,

Meski relaksasi aturan COVID-19 sudah dilakukan, vaksinasi booster masih akan terus dilakukan. Terlebih untuk kelompok rentan yang masih sangat berisiko jika terinfeksi COVID-19.

Menurut Menkes Budi, suntikan booster terbukti secara ilmiah bisa memberikan kadar antibodi yang jauh lebih tinggi dibandingkan saat belum mendapatkannya.

“Untuk yang belum booster saran saya terus dilanjutkan, karena itu memberikan proteksi yang baik untuk kita, sasaran yang dibooster terbukti secara ilmiah kadar antibodinya jauh lebih tinggi dibandingkan yang belum dibooster, ini penting untuk melindungi orang sekitar terutama orang tua kita,” pungkasnya.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *