Jakarta – Harga Pertalite dan Pertamax hari ini, Kamis (2/6/2022) masih sama seperti harga sebelumnya. Stabilnya harga BBM ini disinyalir karena kebijakan pemerintah yang melakukan subsidi dari APBN.

Kendati demikian, saat ini tengah marak beredar isu mengenai pembatasan pembelian BBM jenis Pertalite. Dewan Energi Nasional (DEN) sendiri pun telah membenarkan adanya wacana pemerintah yang akan mengatur pembelian BBM jenis Pertalite.

Tak cuma itu, pemerintah juga akan menyempurnakan aturan pembelian solar dan LPG 3 kg. Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto mengatakan, aturan pembelian solar dan LPG 3 kg sebetulnya sudah ada, namun yang belum ada adalah aturan untuk pembelian Pertalite.

Dia menuturkan, pertimbangan pembelian Pertalite akan diatur di antaranya karena harga komoditas yang mengalami kenaikan. Kemudian, adanya migrasi dari Pertamax ke Pertalite.

Untuk harga Pertamax di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berbeda-beda tergantung pada wilayahnya. Sedangkan, untuk harga Pertalite di seluruh SPBU sama. Harga Pertalite seluruh Indonesia sebesar Rp 7.650.

Adapun penyesuaian harga bahan bakar yang dilakukan setiap waktu ini dilakukan Pertamina dalam rangka menjalankan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *