Purwakarta – Harga sayur di pasar tradisional pasar Rebo Purwakarta alami kenaikan, bahkan menurut pedagang kenaikan ini melebihi kenaikan pada jelang lebaran Idul Fitri kemarin.
Kenaikan tertinggi terjadi pada harga cabai merah dari harga Rp 40 ribu per kilogram naik menjadi Rp 80 ribu per kilogramnya, dan semua jenis cabai alami kenaikan rata-rata dari Rp 30-40 ribu per kilogramnya.

Kenaikan juga terjadi pada harga bawang merah dari harga Rp 32 ribu perkilogramnya menjadi Rp 50 ribu rupiah perkilogramnya. Selain itu harga tomat, sawi hingga kol juga ikut alami kenaikan.
Endang menyebutkan, kenaikan yang sudah terjadi beberapa waktu lalu ini diakibatkan dari kurangnya pasokan dari tingkat petani atau tengkulak dampak cuaca buruk sehingga para petani kerap gagal panen atau hasil panen yang kurang maksimal.

Dengan terbatasnya stok sayuran dari tingkat petani, membuat harga sayuran alami kenaikan di tingkat tengkulak maupun di tingkat pedagang di pasar.

“Pengaruh dari barang lagi kosong lagi susah, pasokan kosong. Kayaknya cuaca yang tidak menentu jadi berdampak pada hasil tanaman petani,” katanya.
Kondisi ini dikeluhkan oleh pembeli seperti Yati. Ia mengaku harus merogok kocek lebih dalam untuk membeli kebutuhan masaknya bahkan ia juga kerap meminimalisir daftar belanjanya karena harga pada naik.
Belanja semuanya, harganya enggak bisa ngomong mahal semua, bawang cabe pada naik, bawang sekilo 50 ribu, iya pengen murah yang belanja mah (pembeli),” keluh Yati.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *