Jakarta – Harga tiket pesawat disebut makin mahal baik rute domestik maupun rute internasional. Hal ini disebut memberatkan masyarakat yang ingin bepergian dengan moda transportasi udara ini.

Anggota Komisi V DPR Fraksi Partai Demokrat, Irwan mengungkapkan kepada Menteri Perhubungan dalam raker jika sebaiknya harga tiket pesawat harus dievaluasi. Irwan juga menyebutkan Kementerian Perhubungan harus menempuh kebijakan untuk mengatur harga tiket pesawat ini. Menurut Irwan dengan mahalnya harga tiekt pesawat ini akan membebani masyarakat di tengah naiknya harga bahan bakar dan bahan pokok. Dia mencontohkan dari Kalimantan Timur ke Yogyakarta harga tiket naik Rp 2,5 juta.

Sekadar informasi harga tiket pesawat melonjak akibat kenaikan tarif avtur dan melambungnya harga minyak dunia. Kenaikan terjadi baik harga tiket pesawat domestik, maupun luar negeri. Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 68 Tahun 2022 tentang Biaya Tambahan (Fuel Surcharge) Tarif Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang mulai berlaku sejak pada 18 April 2022. Peraturan itu mengizinkan maskapai penerbangan untuk menerapkan biaya fuel surcharge atau biaya tambahan pada konsumen.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *