Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menilai Indonesia memiliki dua kecemerlangan, yaitu bahasa Indonesia dan Pancasila. Menurut Prabowo, Indonesia akan bubar apabila Pancasila ditinggalkan.

Prabowo menyebut hingga saat ini ada negara yang masih meributkan soal bahasa. Dia mencontohkan Belgia dan India.
Prabowo menyebut Indonesia harus bersyukur karena tidak meributkan soal bahasa. Dia menegaskan bahwa seluruh rakyat Indonesia sepakat dengan satu bahasa kebangsaan, yaitu bahasa Indonesia.

Kecemerlangan Indonesia yang kedua menurut Prabowo adalah Pancasila, yang dijadikan sebagai dasar negara. Prabowo menyebut Indonesia bisa bubar apabila meninggalkan Pancasila.

Prabowo pun mengajak untuk mengajarkan nilai-nilai Pancasila sebagai perekat dalam kehidupan yang beragam di tengah-tengah masyarakat.

“Karena itu saudara-saudara harus bangga universitas kalian memiliki nama besar Pancasila sebagai nama universitas kalian, itu juga mengandung tanggung jawab moril bahwa Saudara harus sangat-sangat yakin untuk mempertahankan Pancasila, untuk mengajarkan Pancasila kepada lingkungan kalian semua dan harus diyakini dengan Pancasila ratusan suku bangsa yang berbeda-beda, ras yang berbeda-beda, agama yang berbeda-beda, bahasa daerah, adat istiadat yang berbeda-beda, kita bisa berhimpun dalam suatu negara yang demikian, besar, demikian kaya untuk harapan ke depan,” kata dia.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *