Jakarta – Kebijakan harga untuk naik ke Candi Borobudur menimbulkan berbagai macam pendapat. Namun kajian ini sudah disandingkan dengan berbagai wisata di luar negeri.
Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, wisatawan nusantara akan dikenakan biaya Rp 750.000, sementara wisatawan mancanegara sebesar USD 100. Harga ini dikenakan hanya untuk wisatawan yang ingin naik ke bangunan Candi, sementara untuk yang hanya berada di pelataran akan dikenakan harga reguler.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan bahwa, kajian mengenai harga ini sudah disandingkan dengan beberapa wisata serupa yang ada di luar negeri. Misalnya seperti Angkor Wat hingga Piramida. Meski begitu, langkah-langkah strategis akan dilakukan setelah mendapatkan masukan begitu banyak dari para ahli dari dunia pelaku pariwisata dan ekraf hingga tokoh masyarakat.

Namun untuk angka kunjungan sebanyak 1.200 wisatawan per hari sudah disampaikan berkali-kali. Hal ini karena Candi Borobudur sendiri kapasitasnya sangat terbatas. Sehingga hal ini dilakukan dalam upaya menjaga kelestarian Candi. Diketahui sebelumnya beberapa tahun terakhir keausan dari batu Candi Borobudru mengalami degradasi yang bisa dibilang drastis.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *