Jakarta – Pesawat milik TNI AL jenis G-36 Bonanza jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Jawa Timur pada Rabu, 7 September 2022, sekitar pukul 09.30 WIB.
Kepala Dinas Peneranagn Koarmada II Letkol Asep Aryansyah menjelaskan bahwa insiden tersebut terjadi ketika pesawat itu diterbangkan oleh Pilot Lettu Laut Judistira Eka Permady dan Kopilot Letda Laut Dendy Kresna Bhakti saat menjalani latihan dengan KRI-KRI di jajaran Koarmada II.

Diketahui pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Juanda dengan rute Sub-(armada) Loc Area-Sub pada pukul 08.45 dan mengalami lost contact di perairan Selat Madura pada pukul 08.55.
Pada Kamis, 8 September 2022, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Tolhas Sininta Nauli Basana Hutabarat menyatakan bahwa pihaknya telah menemukan pesawat latih G-36 Bonanza tersebut.

“Kami sudah menemukan pesawat yang berada sekitar 15 meter di bawah permukaan air,” ujar Pangkoarmada Hutabarat melalui sebuah video yang diambil dari atas KRI Soputan di lokasi pencarian APBS, perbatasan Kabupaten Gresik dan Bangkalan, Jawa Timur, pada Kamis, 8 September 2022.

Pangkoarmana Hutabarat memimpin secara langsung kegiatan SAR bersama Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II Laksamana Pertama (Laksma) TNI Deny Prasetyo dan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Laksma TNI Supardi.

Upaya pencarian tersebut dimulai sejak hari Rabu dengan melibatkan tujuh kapal perang Indonesia (KRI), satu pesawat udara, dua helicopter, dua kapal Angkatan Laut (KAL), dua tim Komando Pasukan Katak (Kopaska), dan dua tim penyelam.

“Kami mohon doa restu semoga kegiatan SAR berjalan dengan baik. Semoga pengangkatan berjalan dengan lancar,” ucap Hutabarat.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *