Jakarta – Akun twitter milik peretas Bjorka @bjorkanism, yang beberapa hari lalu mengklaim telah mengantongi ribuan dokumen surat menyurat milik Presiden Joko Widodo atau Jokowi, kini telah ditangguhkan. Akun tersebut masih bisa diakses pada Minggu siang, 11 September 2022, tapi pada sore ini, pukul 16.50 WIB, telah ditutup.

Akun ditangguhkan: Twitter menangguhkan akun yang melanggar Peraturan Twitter,” demikian bunyi informasi dari pihak Twitter, soal akun @bjorkanism.

Sebelumnya, informasi soal surat-surat untuk Jokowi ini diunggah Bjorka di situs breached.to dan kemudian ramai di media sosial. Di situs tersebut, Bjorka mempublikasikan beberapa dokumen surat menyurat periode 2019-2021.

Dokumen tersebut disebut dikirimkan ke Jokowi. “Termasuk kumpulan surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara yang diberi label rahasia,” demikian tertulis dalam situs tersebut.

Secara total, peretas Bjorka mengklaim telah mengantongi 679.180 dokumen berukuran 40 MB dalam kondisi terkompres dan 189 belum dikompres. Beberapa contoh dokumen yang dibocorkan juga ikut dipublikasikan oleh Bjorka.

Juru bicara Badan Intelijen Negara (BIN) membantah ada dokumen surat menyurat ke Jokowi yang bocor. “Dokumen BIN ke presiden tidak bocor,” kata dia saat dihubungi, Sabtu, 10 September 2022.

Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN langsung koordinasi dengan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. “Untuk mengambil langkah-langkah penegakan hukum,” kata juru bicara BSSN Ariandi Putra, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 10 September 2022.

Meski akun Twitter ditangguhkan, grup Telegram dengan nama Bjorkanism masih bjsa diakses. Di grup inilah, peretas Bjorka ikut mempublikasikan informasi yang diduga data pribadi dari pejabat negara lainnya. Dari Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate hingga yang terbaru, Ketua DPR Puan Maharani.

Tempo mengkonfirmasi penangguhan akun twitter Bjorka ini kepada juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi. Tapi hingga berita ini diturunkan, belum ada respons yang diberikan.

 

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *