SURABAYA – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina menjelaskan, Cakupan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) mencapai 82,34 persen atau 144.415 anak. Sedangkan proyeksi BIAN di Surabaya yang ditetapkan Pusdatin Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebanyak 175.384 sasaran.

Nanik menjelaskan, pelaksanaan BIAN di Kota Surabaya telah dimulai sejak 1 hingga 31 Agustus 2022 dengan sasaran anak usia 9 hingga 59 bulan. Adapun saat ini, pelaksanaan BIAN oleh Provinsi Jatim yang diperpanjang mulai tanggal 1 hingga 13 September 2022.

Sejumlah kendala yang membuat target proyeksi BIAN di Surabaya belum tercapai, di antaranya adalah masih adanya orang tua yang takut anaknya divaksin. Juga, kendala soal warga yang domisilinya tidak sesuai dengan identitas pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Untuk mencapai target proyeksi BIAN, Dinkes Surabaya melakukan penjaringan sasaran yang belum imunisasi melalui jejaring layanan kesehatan seperti Palang Merah Indonesia (PMI), dokter praktik mandiri, klinik, dan rumah sakit.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *