SURABAYA, – Ratusan siswa SD di kota Surabaya mengajak masyarakat umum, khususnya generasi muda untuk selalu mencintai produk dalam negeri, ketimbang membeli produk luar negeri. Ajakan cinta produk Indonesia ini di lakukan oleh siswa SD Al-Falah Surabaya melalui bazar dengan tema “Membudayakan dan Mencintai Produk Dalam Negeri” yang di gelar di halaman sekolah mereka, selasa (13/09/2022).

Berbagai jenis makanan dan minuman yang dijual dan disajikan oleh para siswa yang masih kelas VI SD dan di bagi menjadi 20 kelompok dagang. Mayoritas jualan mereka diantaranya kuliner khas Indonesia seperti nasi ayam geprek, bakso, gado-gado, nasi goreng, nasi kuning, nasi gudek dll. Untuk minuman ada menjual es cokelat, es dawet dll.

Waka Kurikulum SD Al-Falah Surabaya, Sufiatin Eka Sari mengatakan kegiatan bazar ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi para siswa sejak usia dini. Selain itu dalam kegiatan ini siswa juga di haruskan menata sendiri stand dagangannya supaya mereka dapat belajar mandiri.

“Kegiatan kewirausahaan bazar ini, kami ingin memberikan pengalaman kepada anak-anak tentang bagaimana menjadi seorang entrepreneur, menjadi seorang wirausaha” ungkapnya.

Di kegiatan ini para siswa yang menjadi penjual dalam acara bazar, sebelumnya juga di ajari membuat perencanaan penjualan, selain itu setelah bazar di lakukan evaluasi dagang. Setelah itu apabila ada selisih laba, para siswa di imbau untuk menyisihkan labanya untuk infaq.

“Jadi dalam kegiatan ini sebelumnya para siswa membuat perencanaan dan juga ada evaluasi di akhir kegiatan. Kegiatan ini berkaitan dengan pelajaran tematik yaitu tentang kewirausahaan,” ujar Waka Kurikulum SD Al-Falah Surabaya.

Sementara itu antusiasme para siswa dengan di gelarnya bazar di depan halaman sekolah mereka sangat senang, apalagi kegiatan ini di gelar pasca pandemi, terlihat meriah dan banyak pesertanya. Terlebih lagi selama pandemi kemarin tidak ada kegiatan bazar seperti ini.

“Baik siswa yang ikut menjual atau yang membeli, terlihat antusias sekali dengan adanya kegiatan bazar ini,” tegas Sufiatin Eka Sari.

Anugerah Bagus Azka, salah satu siswa yang ikut membeli dalam bazar ini mengaku cukup seru kegiatan ini. “Cukup seru sih acara ini, jadi bazar kali ini lebih ramai karena sebelumnya di gelar secara bazar offline dan dijual secara offline karena pandemi, tapi sekarang ramai bisa ikut semua,” ujarnya.

Siswa SD ini berharap dalam bazar ini semoga yang dijual di seluruh stand bazar dapat laris semua. “ya harapanku sih semoga yang dijual di stand-stand sini laris semua, aku tadi sempat membeli nuget geprek, gado-gado, bakso,” kata Anugerah Bagus Azka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *