Surabaya РDishub Jatim klaim Bus Trans Jatim koridor I rute Sidoarjo РSurabaya РGresik sangat diminati warga. Okupansi penumpang harian bus itu capai 84% dari total kapasitas penumpang.

Kadishub Jatim, Nyono mengatakan bahwa saat Bus Trans Jatim diluncurkan pada 19 Agustus 2022, okupansi mencapai di atas 90% hingga akhir Agustus. Karena mungkin masih gratis dan masyarakat juga penasaran.

Saat sudah berbayar sejak 1 September hingga 11 September 2022, rata-rata per hari ada 20 unit bus yang beroperasi dengan kapasitas penumpang hingga 84%. Apalagi saat hari libur bisa mencapai 100%.

Total seluruh armada ada sebanyak 20 bus ditambah 2 bus cadangan dan sudah ada 38.779 orang yang memanfaatkan bus Trans Jatim.

Setiap bus memiliki 20 tempat duduk dan apabila ada penumpang yang berdiri bisa sampai 10 orang.

Tarif bus Trans Jatim sangat terjangkau dalam sekali naik hanya bayar Rp 5.000 untuk penumpang umum dan Rp 2.500 untuk pelajar.

Bus Trans Jatim ini juga dibantu oleh aplikasi Trans Jatim Ajaib yang mana masyarakat bisa melihat perjalanan bus, rute, serta posisi halte.

Alasan kenapa tarif bus tidak gratis adalah untuk menjaga transportasi lain agar tidak marah. Contohnya seperti di Gresik ada beberapa angkutan umum lokal yang sebisa mungkin diupayakan rutenya agar tidak bersinggungan dengan rute Trans Jatim.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *