Jakarta РPT PLN (Persero) mengatakan bahwa Indonesia bisa hemat hingga Rp10 Triliun per tahun jika pengguna LPG 3 KG beralih ke kompor induksi atau listrik. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menerangkan bahwa pengurangan impor LPG ini bisa menghemat biaya dan ia berharap agar program ini segera diterapkan.

Darmawan mengungkapkan bahwa penghematan ini bisa dimulai pada tahun 2028 setelah pengguna kompor listrik bisa mencapai 15,3 juta pada tahun tersebut. Menurut perhitungan PLN, biaya masak bisa turun 10-15 persen per bulan apabila menggunakan kompor listrik. Hal itu sangat membantu masyarakat dalam penghematan.

Ia menambahkan bahwa PLN sudah menargetkan akan menggaet 300 ribu pelanggan untuk beralih ke kompor listrik pada tahun ini. Kemudian, jumlah itu akan ditambahkan menjadi 5-10 juta pelanggan per tahun.

Menurut Darmawan dalam simulasi kedua, jika masyarakat yang beralih ke kompor listrik lebih banyak dan bisa mencapai 69,4 juta di tahun 2028, Indonesia akan hemat hingga Rp44 Triliun per tahun.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *