JAKARTA РKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)  menyampaikan bahwa Indonesia saat ini sedang mengalami kemunduran demokrasi ketika saat memberikan sambutan pada dihadapan kadernya pada Rapat Pemimpin Nasional (Rapimnas) di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis, 15 September 2022.

Putra dari Presiden RI ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono, AHY berpendapat bahwa kemunduran demokrasi pada bangsa Indonesia saat ini dapat dirasakan mulai dari politik uang hingga politik identitas. AHY juga berpesan kepada seluruh kadernya untuk tidak ikut terjebak dalam kemunduran demokrasi, khususnya dalam politik identitas.

“Kemunduran demokrasi kita rasakan, betul? Politik uang merajalela, politik identitas memecah belah bangsa, terjadi polarisasi,”.

“Jangan sampai Demokrat ikut-ikutan terjebak dalam politik identitas seperti ini. Demokrat adalah partai nasionalis religius, kita ingin menghadirkan kerukunan antar identitas, antar suku, antar ras, etnis dan sebagainya,” jelasnya.

Selain itu AHY juga berpendapat bahwa negara Indonesia saat ini mulai Kembali ke masa otoritarian dimana suara masyarakat seperti dibungkam secara paksa untuk mengikuti suara pemerintah.

“Rasanya suara kritis rakyat juga semakin sering dibungkam betul, makin banyak yang takut bersuara,” ujarnya.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *