JAKARTA – Hari ini akan dibacakan hasil dari upaya banding Ferdy Sambo terhadap putusan Pemberhentian dengan Tidak Hormat (PTDH) atas dirinya.

Bila banding diterima, Sambo tidak jadi dipecat, bisa pula banding tidak diterima dan Sambo dipecat.

“Ya hari ini infonya (pembacaaan putusan banding),” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/9/2022).

Pada 26 Agustus lalu, Polri sudah melalui Sidang Komite Etik Profesi Polri (KEPP) menyatakan bahwa Sambo dikenakan PTDH. Namun kemudian, Sambo mengajukan banding atas putusan tersebut.

Sidang banding digelar pukul 10.00 WIB. Wakil ketua dan anggota sidang banding terdiri dari empat pejabat Pori bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen).

Sesuai Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2022, Pasal 79, Komite Etik Profesi Polri (KEPP) Banding bakal pertama-tama memeriksa dan meneliti berkas banding meliputi pemeriksaan pendahuluan; Kedua, persangkaan dan penuntutan; Ketiga, nota pembelaan; Keempat, putusan Sidang KKEP; Dan kelima, memori Banding.

“Berkas untuk banding sudah diterima dan dipelajari perangkat komisi banding, sehingga saat sidang banding menyampaikan pertimbangan masing-masing, penyiapan amar putusan, dan pembacaan putusan,” kata Dedi.

Dedi juga menuturkan sesuai Perpol 7 tahun 2022 pasal 81 ayat 2 bahwa penyampaian putusan sidang KKEP banding dilaksanakan oleh sekretariat KKEP dalam jangka waktu paling lama 3 hari kerja setelah diputuskan.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *