Bandung – Kementrian Pertahanan (Kemhan) mendapatkan intruksi dari Jokowi untuk mengembangkan Kendaraan Motor Listrik. Motor listrik tersebut berguna untuk membantu meringankan tugas TNI dalam pengamanan garda terdepan tanah air.

Hal itu diungkapkan Pakar Militer dan Intelijen Susaningtyas Nefo Kertopati. Motor listrik yang dikembangkan merupakan hasil dari kolaborasi Kemhan dan PT Eltran Indonesia (anak perusahaan PT LEN).

Kendati demikian, dia menilai masih ada tahapan lanjut dari pengembangan motor listrik ini yaitu terkait sosisalisasi cara penggunaan motor listrik.

Pengembangan motor listik ini juga diketahui atas keinginan dari Menhan Prabowo Subianto. Prabowo berusaha merealisasikan intruksi Presiden Jokowi untuk beralih ke kendaraan listrik.

Kendaraan listrik tersebut ini masih berupa prototipe bernama Electric Tactical Motor Bike. Motor tersebut merupakan hasil desain dari anak bangsa dan dikaji serta diuji secara langsung oleh PT Indonesia (anak perusahaan Len) di badan Penelitian dan Pengembangkan Pertahanan Kementrian Pertahan (Balitbang Kemenhan).

Electric Tactical Motor Bike sendiri saja mendapatkan sertifikat prototipe produk dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kementrian Pertahanan (Kemenhan). Penyerahan tersebut dilaksanakan di Pusdikkav, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (15/9/2022).

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *