Surabaya – Beberapa bandara ini dibangun di berbagai lokasi dengan dana APBN yang fantastis. Namun sayangnya, saat beroperasi malah sepi bak kuburan. Berikut rinciannya:

  1. Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati: berlokasi di Majalengka dan diresmikan pada pertengahan 2018. Dibangun dengan biaya mencapai Rp 2,6 triliun dan sepi bak kuburan saat pandemi menerjang. Akses yang kurang memadai juga menjadi faktor utama sepinya bandara ini. Namun, Bandara Kertajati kabarnya akan membuka lagi penerbangan komersial pada November 2022. Bukan hanya itu, bandara ini juga akan melayani penerbangan debarkasi dan embarkasi umrah.
  2. Bandara JB Soedirman: dikelola oleh PT Angkasa Pura II dengan anggaran sebesar Rp 350 miliar. Bandara yang terletak di Purbalingga ini, kini terpantau tak memiliki jadwal penerbangan lagi. Hanya Wings Air dan Citilink saja yang terakhir membuka rute ke bandara tersebut.
  3. Bandara Ngloram: bandara yang terletak di Blora dan diresmikan oleh Jokowi pada Desember 2021 ini, menelan biaya sebesar Rp 80 miliar. Namun, bandara ini justru sepi tidak ada jadwal penerbangan dari maupun ke Bandara Ngloram.
  4. Bandara Wiriadinata: terletak di Tasikmalaya dan baru saja diresmikan pada Februari 2019. Pembangunan bandara ini mengeluarkan dana senilai Rp 30-45 miliar dan sempat berhenti beroperasi karena sepi. Pada Agustus 2022 lalu, maskapai Susi Air membuka rute penerbangan dari bandara tersebut menuju Bandara Halim Perdanakusuma. Namun, rute Tasikmalaya-Jakarta ini hanya tergantung pada permintaan penumpang.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *