Jakarta – Aparat Hukum kini masih mendalami identitas hacker yang bernama Bjorka. Untuk sekarang Bjorka sudah terlacak dari sumber yang tak terduga, Kamis (22/9/2022).

  1. Terungkap Lokasi Bjorka

Lokasi hacker Bjorka mungkin terungkap setelah melakukan pertemuan kopdar dengan seorang pengguna Breachforums bernama Emo. Dalam sebuah thread di situs forum gelap tersebut, Emo mengaku baru bertemu dengan Bjorka.

Dalam postingan Emo, mereka mengaku bertemu di sebuah perbelanjaan di L.A, tanpa menjelaskan lebih lanjut apa kepanjangan dari L.A. Tapi yang pasti L.A ini mengacu pada kota Los Angeles, sebuah kota yang terletak di negara Amerika Serikat.

  1. Sempat Murka Dengan Akun Palsu

Banyaknya akun palsu yang mengatasnamakan Bjorka bermunculan di Platform TikTok, Youtube, Instagram, dan Twitter.

Bjorka mengaku tak prnah punya akun Instagram ataupun TikTok. Ia juga mengaku tak pernah membuat video di kedua platform tersebut.

  1. Bjorka Bisa Diburu Dengan Pasal Berlapis UU ITE dan UU PDP

Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) menjadi amunisi baru bagi Indonesia dalam membentengi data pribadi. Selain melanggar UU PDP, Bjorka jelas melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Pratama mengatakan dengan keberadaan UU PDP, hacker yang terbukti melakukan pelanggaran, seperti yang dilakukan Bjorka, dapat dijerat. Butuh keahlian dan kesabaran untuk mengungkap identitas Bjorka ini.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *