Surabaya – Perusahaan Apple baru saja merilis Iphone 14 belum lama ini. Banyak sekali orang membeli handphone ini dengan uang tabungan mereka atau bahkan dengan uang pinjaman.

Belum lama ini, beredar foto yang memperlihatkan 3 orang dengan bekas jahitan di perut sebelah kanan dan juga tangan sebelah kanan yang membawa Iphone.

Namun, siapa sangka bahwa foto tersebut hanyalah semua meme dari klinik kecantikan di Laos, Vietnam. Saat ini meme tersebut sudah dihapus karena pelaporan yang masif.

Managing Director Thai Red Cross Organ Donation Center, Dr Sophon Mekhton sangat melarang perdagangan organ apalagi sampai dipakai untuk membeli Iphone 14.

Ia menyarankan lebih baik menyumbangkan organ mereka setelah meninggal untuk seseorang yang membutuhkan daripada melakukan tindakan berbahaya tersebut.

Ternyata, di China kejadian seperti ini nyata terjadi. Hal itu dialami oleh pria bernama Xiao Wang saat berusia 17 tahun di tahun 2011. Ia melakukan hal tersebut untuk membeli Iphone 4 dan nahasnya ia mengalami gagal organ serius.

Wang saat itu menerima uang 22 ribu Yuan atau sekitar 3.202 USD untuk ginjalnya. Sedangkan Iphone 4 saat itu harganya sekitar 600-700 USD atau sekitar Rp 7-10 juta.

Kini, Wang harus hidup dengan bantuan alat dialisis atau cuci darah demi bertahan hidup.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *