Ratusan Siswa SD di Surabaya Ikuti Manasik HajiSURABAYA, – Ratusan siswa sekolah dasar (SD) di Surabaya ikuti pelatihan manasik haji di Taman Bungkul Surabaya, Sabtu (01/10/2022), salah satunya ialah siswa SD Al-Falah Surabaya sebanyak 190 anak yang mayoritas masih duduk. Di kelas 1 dan 2. Mereka di kenalan pendidikan agama islam dan memupuk rasa cinta agama sejak usia dini.

Kepala Sekolah SD Al-Falah Surabaya, Yuni Wahida mengatakan kegiatan latihan manasik haji cilik ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta pada syariat Islam melalui pelatihan ibadah haji.

” Salah satu tujuan Manasik haji ini diantaranya adalah menanamkan rasa cinta pada syariat Islam, memotivasi anak untuk melaksanakan rukun Islam yaitu ibadah Haji, meningkatkan pemahaman dan ketrampilan serta memotivasi masyarakat dalam hal ini wali murid dan guru untuk menyempurnakan rukun islam yang ke 5,” tegasnya.

Lebih lanjut Yuni Wahida menambahkan, dalam kegiatan manasik haji ini para siswa juga diajari untuk meneladani keluarga Nabi Ibrahim dalam melaksanakan perintah Allah.

“Para siswa juga diajari untuk meneladani keluarga Nabi Ibrahim alaihissalam dalam melaksanakan perintah Allah, melalui sosiodrama pembangunan ka`bah,” ungkapnya.

Dengan adanya manasik haji cilik ini di harapkan para siswa dapat meneladani perjuangan Nabi Ibrahim, serta siswa di harapkan memiliki wawasan pelaksanaan ibadah haji melalui praktik manasik haji.

“Harapannya siswa dapat meneladani semangat juang Nabi Ibrahim alaihissalam dalam kepatuhannya menjalankan perintah Allah Swt ketika membangun ka`bah bersama Nabi Ismail saat kecil, siswa dapat meneladani perjuangan Siti Hajar Ibunda Nabi Ismail ketika mencari sumber air (zam zam) yang diabadikan dalam salah satu kegiatan ibadah haji (sa`i yaitu berjalan dan berlari kecil dari bukit shafa ke bukit marwah sebanyak 7 kali),” imbuh Yuni Wahida.

“Selain itu siswa diharapkan memiliki wawasan (gambaran singkat pelaksanaan ibadah haji) melalui praktik manasik haji, serta memiliki pemahaman untuk melaksanakan kewajiban berhaji kelak di kemudian hari,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *