SURABAYA, – Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam orasi ilmiahnya di Graha Sepuluh Nopember ITS, Selasa (04/10/2022), menyampaikan jika industri berkembang maka kesejahteraan masyarakat juga akan terbangun. Selama ini, menurutnya, masyarakat menilai bahwa Indonesia sebagai negara berkembang masih tertinggal dalam pertumbuhan ekonomi.

Ia juga menegaskan, tidak benar jika investasi di Indonesia dikuasai oleh pihak asing dan ia meyakinkan bahwa kepercayaan global di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga membaik.

“Penerapan hilirisasi ekonomi perlu digalakkan untuk menjadikan orang daerah menjadi tuan rumah ekonomi,” tuturnya.

Walau begitu, upaya Bahlil dalam hilirisasi ekonomi sempat mendapat penolakan oleh negara asing. Padahal, hilirisasi merupakan instrumen untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Jika lapangan kerja tidak tercipta, maka jangan sampai perguruan tinggi hanya menjadi pabrik intelektual karena banyaknya sarjana pengangguran,” tandas Bahlil mengingatkan.

Lebih lanjut, Bahlil mengatakan bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan bagian terpenting dalam pertumbuhan bangsa.

“Ibu pertiwi memanggil putra-putrinya agar mengabdikan diri pada bangsa untuk mewujudkan cita-cita proklamasi founding father kita,” pesannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *