JOMBANG – Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Hari Jadi Pemprov Jatim tiba di Kabupaten Jombang, Selasa (4/10) siang. Kirab yang dimulai sejak (16/9) hingga (11/10), dikirab dari Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan menuju Kabupaten Jombang.

Bendera dan Pataka yang dikirab itu bendera Merah Putih, Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Pataka satuan polisi pamong praja – praja wibawa, Pataka satuan perlindungan masyarakat – Linmas, Pataka satuan pemadam kebakaran dan penyelamatan Yudha Brama Jaya dan bendera logo hari jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur 2022.

Sebelum memasuki Jombang, kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dilakukan penjemputan dari perbatasan Kabuh – Lamongan. Setiba di Jombang, Tim drumband menyambut di depan Kodim 0814 dan Pataka dikirab menuju Pendopo Kabupaten Jombang dan kirab disambut pawai komunitas kendaraan.

Pada prosesi upacara, dilakukan serah terima pataka dari Kasatpol PP Lamongan kepada Bupati Jombang. Selanjutnya, Bupati Mundjidah Wahab menyerahkan pataka tersebut kepada Kepala Satpol PP Jombang. Bupati juga menerima Ripta Prasasti (prasasti yang ditulis diatas daun lontar).

Di depan pendopo, para pelajar menyambut dengan tari remo masal. Sementara di Sepanjang Jl. KH Wahid Hasyim, tampak masyarakat dan pelajar ramai – ramai menyambut kedatangan kirab pataka.

”Kirab Bendera Pataka lambang Provinsi Jawa Timur, Jer Basuki Mawa Beya ini sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77 yang akan diperingati 12 Oktober nanti,” ujar Bupati Mundjidah.

“Saya berharap, bisa menambahkan semangat warga Jombang untuk bangkit, pulih lebih cepat, dalam menggerakkan perekonomian daerah dan membangun daerah menuju kesempurnaan,’’ tambahnya.

Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Optimis Jatim Bangkit juga merupakan salah satu momentum di mana seluruh pemerintah kabupaten/kota di Jatim, diharapkan dapat memperkuat sinergitas dan kolaborasi dan kerjasama dalam membangun di Jawa Timur.

Bupati Mundjidah Wahab menyampaikan, terimakasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Satpol PP Lamongan beserta jajaran tim kirab atas seluruh semangat dan upayanya dalam membawa bendera pataka hingga sampai di Kabupaten Jombang dengan lancar.

“Selamat hari jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur, kami berharap Provinsi Jatim ke depannya dapat terus bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh kabupaten/kota, termasuk Jombang,” pungkasnya.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *