Surabaya – Pemkot Surabaya menggandeng Pengadilan Agama (PA) Surabaya untuk mempermudah pengurusan hak asuh anak dan akta perceraian. Akta tersebut nantinya dapat diambil di konter PA Mal Pelayanan Publik (MPP) Gedung Siola.

Ketua PA Surabaya Samarul Falah mengatakan selama ini Pemkot dan PA sudah membuat berbagai inovasi untuk mengurai dan mengurangi warga datang ke kantor PA di Jalan Ketintang Madya, kecamatan Jambangan, Surabaya.

Sebelum inovasi ini, pengurusan hak asuh anak harus ke Dispendukcapil Surabaya, lalu mendaftarkan perkara ke PA, membayar biaya perkara, sidang dan proses lainnya. Selain itu, dalam akta perceraian juga tidak ada penjelasan tentang hak pengasuhan anak, sehingga pada saat itu pengurusan hak asuh anak cukup lama dan memakan biaya.

Selain itu, inovasi baru lainnya dengan pemkot adalah pengambilan akta perceraian yang dapat diambil di konter PA Mal Pelayanan Publik Gedung Siola. Bahkan, saat pengambilan akta perceraian itu juga bisa diambil pula perubahan pemecahan KK dan perubahan status di KTP.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyetujui inovasi itu. Bahkan, ia juga meminta jajaran Dispendukcapil untuk menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk menerapkan inovasi tersebut, terutama form pendaftaran yang harus dilengkapi oleh warga seusai sidang perceraian berakhir.

 

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *