SURABAYA, – Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono saat mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono pada prosesi wisuda UHT di Surabaya, mendorong 445 wisudawan Universitas Hang Tuah Surabaya membantu Angkatan Laut (AL) untuk membangun pemikiran masyarakat di bidang maritim.

“kami mendorong ratusan wisudawan Universitas Hang Tuah Surabaya membantu Angkatan Laut untuk membangun pemikiran masyarakat di bidang maritim,” tegasnya.

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut ini berharap ada lulusan yang bergabung, bisa menjadi PNS, Perwira Karier. Sementara untuk lulusan Kedokteran dibutuhkan untuk mengawaki rumah sakit-rumah sakit AL yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Rektor Universitas Hang Tuah Surabaya Prof. Dr. Ir. Supartono mengatakan menciptakan peluang kerja menjadi hal utama bagi lulusan perguruan tinggi, karena itu pentingnya keahlian dan kompetensi menjadi utama seseorang mempunyai jiwa wirausaha. Menurutnya Ilmu dan kompetensi menjadi modal dasar, terlebih Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah memprogramkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Para lulusan diharapkan bisa ke masyarakat menciptakan pekerjaan sendiri. Harapan kita wiraswasta. Jadi sekarang ini visinya Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” tuturnya.

Dengan adanya program MBKM, dosen tidak hanya memberikan pembelajaran dari segi akademis tapi juga menghadirkan pengajaran di luar materi. Hal itu lah yang kini ditekankan di UHT sehingga mahasiswa tidak hanya cakap dengan ilmu yang digeluti, tapi juga mempunyai keahlian di luar pelajaran.

“Dosen-dosen mengajarkan mahasiswanya itu di luar dari pada pelajaran sehingga bisa didapatkan materi pekerjaan di luar yang dinginkan mahasiswa,” ungkapnya.

Prof. Supartono menjelaskan wisuda yang digelar secara tatap muka ini menjadi titik baru, sehingga para mahasiswa yang sudah lulus bisa mampu dan mau mempersembahkan pengabdian terbaik kepada Indonesia, melalui peran aktif dalam pembangunan nasional.

“Jadi hari ini pertama kali kita adakan tatap muka secara penuh ini merupakan kesempatan yang pertama,” katanya.

445 wisudawan sarjana baru kali ini berlatar belakang dari berbagai disiplin ilmu dan mereka semuanya dari alumni satu perguruan tinggi Universitas Hang Tuah yang berbasis dengan disiplin ilmu kemaritiman dan kelautan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *