Jatim – PT PLN melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir potensi gangguan dan menjaga keselamatan kelistrikan selama musim hujan.

Berdasarkan BMKG, cuaca ekstrim berupa hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia termasuk Jawa Timur.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran mengatakan pihaknya telah memastikan kesiapsiagaan personel serta alat berat untuk melakukan evakuasi dan pengamanan infrastruktur kelistrikan jika terjadi kebanjiran dan pohon tumbang.

Serangkaian upaya mulai dari patrol jaringan, inspeksi hingga pemeliharaan tanpa padam terus dilakukan untuk menjaga pasokan listrik saat musim hujan.

Sebanyak 136 personel PDKB yang dilengkapi 13 skylift dan 8 unit armada PDKB Sentung Langsung (SL) dan 10 unit armada PDKB Berjarak menggelar kegiatan pemeliharaan bordeless PDKB di berbagai unit.

Untuk bisa mengantisipasi terjadinya kerusakan infrastruktur jaringan listrik, PLN juga melakukan peninggian level gardu induk di wilayah potensi banjir.

“Kami juga menghimbau masyarakat untuk bisa memastikan instalasi kelistrikan di rumah dan rutin melakukan pengecekan,” ujar Lasiran.

Lasiran menghimbau masyarakat apabila melihat potensi bahaya kelistrikan, dapat melaporkan informasi gangguan tersebut melalui aplikasi PLN Mobile.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *