Jawa Timur – Bencana banjir di Jawa Timur semakin meluas. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim, mencatat musibah banjir sudah melandan enam kabupaten di Jawa Timur.

Sudah ada 3 Laporan dari 3 Kabupaten yang masuk ke BPBD Jawa Timur, yaitu diantaranya Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. selain banjir yang terjadi di Blitar, Malang Selatan, dan di Banyuwangi.

Sementara, yang pertama di Kabupaten Ponorogo sudah ada laporan banjir dengan ketinggian 20-30 cm saja.

Banjir yang kedua di Kabupaten Pacitan hari Sabtu. banjir yang terjadi disana sudah hilang, sudah surut, tetapi terjadi banjir lagi. Daerahnya masih sama sekitar alun-alun dikota. Selasa (18/10/2022).

Banjir yang paling parah terjadi di daerah Kabupaten Trenggalek, mencapai ketinggian ssampri lebih dari 1 meter. Kata Sriyono.

Tim dari provinsi di Trenggalek meluncurkan personel dengan membawa peralatan perahu karet, mobil tangki air untuk air bersih, selimut, sembako, dan sandang.

Informasi yang di dapat terkait beberapa jembatan di Kabupaten Trenggalek putus dikarenakan banjir bandang yang terjadi.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek memberi  informasi terkait kondisi bencana alam di wilayahnya yang terjadi hingga Selasa siang. “Sekitar ada 5 kecamatan yang mengalami dampak banjir dan 5 kecamatan terkena 5 longsor,” ujar Ahmad Budiharto.

Penjelasannya, “Banjir yang datangnya mulai dari arah barat. yang di dahului dari Kecamatan Karangan dan Kecamatan Gandusari, setelah itu masuk kelutan, dan yang itu masuk di wilayah timur, Kecamatan Pogalan dan Durenan”.

Ketinggian mencapai 1 meter dampak dari banjir. “Jadi untuk dampak banjir, ada 5 kecamatan, dan 21 desa.” Ujarnya.

Disampaikan Bahwa Jaringan PLN, Sarana, dan Prasarana umum masih normal dikesempatan itu. Kemudian dampak untuk data wilayah, ia menyebut masih dengan pendataan petugas.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, ada 585 KK di lima kecamatan Kabupaten Trenggalek yang terdampak banjir berdasarkan data BPBD Jatim hingga Selasa pukul 14.30 WIB.

Berdasarkan data BPBD Jatim, ada 585 KK di lima kecamatan Kabupaten Trenggalek yang terdampak banjir sampai hingga Selasa pukul 14.30 WIB, (18/10/22).

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *