Sampang – lima nelayan asal Kecamatan Ketapang, Sampang diamankan Satpolair Polres Bangkalan karena menggunakan cantrang. Mereka diamankan saat mencari ikan di perairan Arosbaya, Bangkalan.

 

Kasatpolairud Polres Bangkalan Iptu Djoko Santoso mengatakan lima orang tersebut yakni berinisial AL (54), MZ (40), BH (40), MH (40) dan RS (30). Mereka merupakan warga asal Kecamatan Ketapang, Sampang.

 

“Jadi lima nelayan ini berada di satu kapal dan melakukan penangkapan ikan di wilayah Arosbaya. Mereka juga menggunakan cantrang saat melaut,” kata Djoko, Rabu (19/10/2022).

 

Selain mengamankan lima nelayan, petugas juga menyita sejumlah barang bukti yakni satu unit perahu berisikan satu set jaring cantrang, ikan hasil melaut dan tiga buah mesin diesel.

 

“Semuanya sudah kami amankan dan kami dalami. Karena ini meresahkan nelayan di Bangkalan. Kasus penggunaan cantrang ini bukan hanya sekali terjadi namun sudah beberapa kali,” jelasnya.

 

Sementara itu salah satu nelayan mengaku tidak mengetahui jika areanya tersebut sudah di luar Sampang. Ia juga tidak tahu jika penggunaan cantrang atau pukat harimau dilarang.

 

“Kami tidak tau jika ini masuk wilayah Bangkalan dan kami tidak tahu jika ini dilarang,” ujar salah satu pelaku.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *