Siswa SD di Surabaya gelar teatrikal Sejarah Sumpah PemudaSURABAYA, – Ratusan pelajar di kota Surabaya dari SD Al-Falah Surabaya gelar teatrikal Sejarah pembentukan sumpah pemuda dengan upacara bendera dan aksi teatrikal pergerakan pemuda di halaman sekolah dan di Taman Bungkul, Jumat (28/10/2022).

Kegiatan ini diikuti siswa sambil mengenakan pakaian adat nusantara. Diantaranya adat Batak, Ambon, Jawa, dan Makassar. Serta pakaian muslim dan batik, sebagai bentuk cinta produk lokal.

Yuni Wahida selaku Kepala SD Al Falah Surabaya mengatakan kegiatan ini bertujuan agar para siswanya bisa mengambil makna Sumpah Pemuda.

“Diantaranya mampu menunjukkan sikap akhlaq, karakter, dan tabiat dalam mempertahankan keutuhan kesatuan dan persatuan bangsa,” ujarnya.

“Ini bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana. Yakni bisa dimulai dengan menyayangi teman-temannya, tidak mengganggu ataupun menyakiti orang lain, baik secara lisan maupun tindakan. Serta tetap rukun dan saling maaf memaafkan. Hingga kesatuan dan persatuan bangsa tetap terjaga, hingga akhir jaman,” tegasnya.

Sementara itu, aksi teatrikal dilaksanakan dengan penggambaran berdirinya dua ormas Islam terbesar di Indonesia, yakni Perserikatan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, sebagai awal pergerakan pemuda. Kemudian dilakukan pawai dari sekolah menuju Taman Bungkul. Di tempat ini, aksi teatrikal dilanjutkan dengan digelarnya Kongres Pemuda yang melahirkan Sumpah Pemuda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *