Situbondo — Ratusan ribu batang rokok ilegal dan tembakau telah disita oleh Satpol PP Situbondo dan Tim Gabungan Bea Cukai Jember. Rokok berbagai merk itu disita karena tidak menggunakan pita cukai, tembakau yang tercantum label dan sticker namun tidak jelas legalitasnya juga dicakup oleh operasi tersebut.

Toko dan warung yang ada di 16 kecamatan wilayah Situbondo telah berkala dilakukan razia.

“Rokok tanpa cukai serta tembakau ini merupakan hasil operasi berkala di 16 kecamatan,” ujar Buchari, Kasat Pol PP Situbondo.

Total 256.909 batang rokok ilegal yang bernilai sekitar Rp 50 juta telah diamankan karena tak sesuai ketentuan. Setelah itu, rokok tersebut dimusnahkan ke Bea Cukai Jember.

Untuk tahap pertama, Bea Cukai serta Satpol PP masih memberikan pembinaan dan sosialisasi kepada pemilik toko warung yang menjual rokok ilegal. Kecuali, untuk pihak yang masih menjual ataupun merasa keberatan maka akan diberikan tindakan tegas.

Widodo Wiji Mulyono selaku Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea dan Cukai Jember mengatakan bahwa operasi gabungan ini dilakukan untuk menekan peredaran rokok ilegal.

 

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *