SURABAYA – Siaran TV analog telah dipadamkan serentak di Indonesia pada Rabu (2/11/2022). Kebijakan itu disebut Analog Switch Off (ASO) yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Siaran TV analog kini dialihkan ke siaran TV digital yang lebih canggih, kualitas gambar bersih, suara jernih hingga didukung informasi tentang kebencanaan.

Bagaimana cara menonton siaran TV digital? Berikut ini informasinya :

1. Cari Tahu TV yang Bisa Menerima Siaran TV Digital

Kunjungi laman Siaran Digital Kominfo. Klik menu perangkat TV digital di bagian atas layar. Pilih kategori ‘televisi’ pada bagian perangkat, lalu masukkan merek dan model TV yang dimiliki. Jika masuk dalam TV digital, maka nama model TV akan muncul.

TV digital sudah memiliki teknologi Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2), sehingga tidak perlu memakai perangkat tambahan Set Tob Box (STB).

STB merupakan perangkat yang bisa mengkonversi sinyal digital jadi gambar serta suara dan ditampilkan pada layar TV yang belum mendukung DVB-T2.

2. Cara Cek Sinyal TV Digital

Download aplikasi sinyalTVdigital di Google Play Store atau Apple App Store. Setelah terpasang, jalankan aplikasi. Aplikasi akan meminta izin akses lokasi, klik ‘izinkan’.

Aplikasi akan menampilkan peta sesuai lokasi. Apabila peta menampilkan warna merah atau oranye, maka sinyal TV digital bagus. Jika warna hijau atau kuning, maka sinyal TV digital sedang. Sedangkan untuk warna putih atau biru menunjukkan sinyal TV digital buruk.

3. Cara Mengatur Siaran TV Digital

Pastikan di daerah Anda sudah terdapat siaran TV digital. Gunakan antena UHF biasa, baik dalam rumah (indoor) maupun luar rumah (outdoor). Pastikan TV Anda sudah dilengkapi dengan penerima siaran TV digital DVB-T2. Jika TV analog, maka pasang perangkat tambahan STB. STB tidak memerlukan antena parabola dalam menerima sinyal digital, melainkan menggunakan antena UHF biasa. Setelah TV terhubung, hidupkan perangkat TV dan ubah ke AV. Kemudian, pilih opsi Pengaturan (Setting). Pilih Auto Scan untuk memindai program-program siaran TV digital

Tunggu hingga semua siaran TV digital telah terbaca oleh layar kaca.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *