JAKARTA – Langkah BPJS Ketenagakerjaan memberikan santunan senilai Rp5,6 miliar kepada ahli waris pekerja yang meninggal dunia Alm. Santunan yang diserahkan terdiri dari santunan kematian akibat kecelakaan kerja (JKK), santunan Jaminan Hari Tua (JHT), santunan Jaminan Pensiun (JP), dan juga untuk beasiswa pendidikan untuk 2 orang anak hingga jenjang perguruan tinggi.

Secara rinci santunan tersebut terdiri dari JKK senilai Rp5,3 miliar, JHT Rp210 juta, beasiswa Rp148,5 juta untuk 2 orang anak. Dengan demikian, total santunan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp5,66 miliar.

Dia menjelaskan yang dimaksud dengan kecelakaan kerja dalam ranah BPJS Ketenagakerjaan adalah kejadian kecelakaan yang terjadi dari mulai seseorang berangkat kerja menuju lokasi atau tempat dia bekerja.

Hal ini juga berlaku saat seseorang tengah melakukan perjalanan pulang dari tempat kerja kembali ke rumah. Oni menerangkan pihak keluarga harus mengurus surat sertifikat kematian dan beberapa surat lainnya yang kemudian bisa mengklaim BPJS Ketenagakerjaan dalam waktu 3 hari kerja.

Sementara itu, Oni menyampaikan bahwa besaran santunan yang diterima setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan berbeda-beda. Santunan kematian sebesar 60 persen x 80 x upah penghasilan sebulan, maka akan mendapatkan santunan yang besar.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *