JAKARTA – Mengimbau pengembang untuk bermanuver lewat launching produk baru di awal 2023. Namun, setelahnya harus diwaspadai akibat ketidakfokusan pasar yang terbelah jelang tahun politik.

Untuk properti yang mau launching atau produk baru itu maksimal sampai semester I/2023, setelah itu menurut saya lebih bagus konsolidasi, dalam beberapa siklus tahun politik ditemukan adanya perlambatan dan penurunan penjualan properti di angka 10-15 persen.

Ali menggambarkan bagi kelas menengah atas ada kekhawatiran untuk investasi properti dan menengah bawah relatif masih rendah daya belinya, menjelaskan subsektor hunian akan sangat terpengaruh dengan sentimen politik.

Dia mencontohkan pengaruh election year di Filipina dan Korea Selatan pada awal 2022 lalu, menunjukkan penurunan jumlah permintaan hunian pada periode pre-election.

Setelah election berjalan, jumlah permintaan di pasar properti kembali stabil, perubahan perilaku pasar lainnya yang berpotensi terjadi di tahun politik antara lain penurunan demand yang akan terlihat dari sisi permintaan warga negara asing.

Pasalnya, ada kemungkinan perubahan regulasi yang berkaitan dengan kepemilikan properti termasuk pajak. Sementara itu, untuk permintaan domestik diperkirakan akan terus bergulir.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *