Jakarta – Mobil-mobil keren pelindung para kepala negara hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Tak cuma sedan mewah atau limosin, ada juga SUV besar yang menjadi pelindung para kepala negara.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menaiki SUV Toyota Land Cruiser. Beda dengan Land Cruiser pada umumnya, tampaknya SUV yang ditumpangi PM Inggris ini sudah dibekali peranti antipeluru.

Mobil yang digunakan Rishi Sunak di Bali ini adalah Land Cruiser seri 200. Mobil ini memiliki perlindungan antipeluru pada bodi, kaca dan tangki bahan bakar.

Saat ini ada beberapa perusahaan yang menawarkan perlindungan antipeluru untuk SUV Toyota Land Cruiser. Salah satunya yang dikeluarkan oleh Alpine Armoring yang memiliki proteksi pada baterai, proteksi dari ledakan, hingga ban run flat tyre. Land Cruiser ini punya tingkat perlindungan A9/B6.

Land Cruiser ini ada beberapa pilihan mesin, ada mesin bensin V8 5.700 cc, bensin V8 4.700 cc, diesel V8 4.500 cc, diesel V6 4.200 cc serta bensin V6 4.000 cc.

Tak cuma Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak yang memakai SUV. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga naik SUV Toyota Land Cruiser.

Selain itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri India Narendra Modi juga menggunakan SUV saat di Bali. Bedanya, Macron dan Narendra Modi menggunakan SUV legendaris Mercedes-Benz G-Class.

Sementara itu, Indonesia sendiri telah menyediakan beberapa mobil listrik untuk digunakan tamu negara di KTT G20 di Bali. Untuk petinggi negara, ada mobil listrik Genesis G80 Electrified. Namun, menurut Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama, negara besar punya permintaan khusus soal mobil dinas. Salah satunya kendaraan antipeluru atau lapis baja. Dia mengatakan ada negara yang membawa mobil lapis baja sendiri.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *