Surabaya – Kasus pencurian kendaraan bermotor tengah marak di Surabaya. Berikut ini tips mencegah aksi curanmor dari Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya.

 

Dalam situs resmi UM Surabaya diterangkan, ada 244 laporan pencurian sepeda motor di Kota Pahlawan, dari 5 September sampai 4 November 2022. Maka dari itu, warga diminta meningkatkan kewaspadaan.

 

Skuter matik kerap menjadi sasaran empuk para pencuri, karena paling mudah dibobol. Namun tak menutup kemungkinan, motor jenis lain pun menjadi incaran.

 

5 Tips Cegah Curanmor:

 

1. Parkir di tempat yang aman

Yang pertama, Lukman mengimbau warga untuk parkir di tempat yang aman. Artinya, Anda bisa memarkir motor pada tempat resmi.

 

Terlebih, parkir resmi seperti di stasiun dan mal memiliki garansi atau jaminan ketika motor yang di parkir hilang. Sehingga keamanannya dijaga dengan baik

 

“Ketika seseorang parkir di tempat resmi akan ada CCTV yang bisa memantau setiap keluar masuknya sepeda motor,” tutur Lukman, Selasa (15/11/22).

 

2. Kunci setang motor ke arah kanan

Mengunci motor dengan setang menghadap kiri sangat berisiko. Sebab, akan ada ruang yang cukup besar di bagian kunci kontak.

 

Menurut Lukman, itu bisa dimanfaatkan oleh maling dengan membobol kunci kontak dengan kunci T.

 

3. Memanfaatkan fitur SKS (Secure Key System)

Fitur ini akan memperlambat maling saat mencoba membobol kunci kontak. Sistem SKS biasanya diberikan oleh pabrik sebagai pengamanan dari pencurian motor.

 

4. Gunakan kunci ganda

Menggunakan kunci ganda bisa mencegah maling melakukan pencurian. Anda bisa membeli kunci ganda di toko suku cadang seperti bengkel aksesoris ataupun toko online.

 

“Untuk pemasangannya cukup mudah. Seseorang bisa memasang kunci ganda di cakram atau sela-sela pelek,” kata Lukman.

 

Ia juga berpesan, jika Anda hendak meninggalkan motor dalam waktu lama, ada baiknya menggunakan rantai yang dikaitkan dengan benda yang kokoh di sekitarnya.

 

Penggunaan rantai dengan kunci gembok akan mempersulit maling untuk membuka dan akhirnya kehabisan waktu.

 

5. Gunakan sarung motor

Penggunaan sarung motor adalah untuk melindungi motor dari gesekan atau debu saat diparkir.

 

“Namun sarung motor juga memiliki fungsi lain yakni untuk mengurangi perhatian pencuri untuk melakukan tindakan pencurian,” pungkas Lukman.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *