Surabaya – Modus baru menipu dengan mencatut Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sedang marak terjadi. Warga diimbau untuk waspada akan modus ini.

Pelaku dengan menggunakan modus baru ini melalui SMS, WhatsApp, dan juga media sosial yang mengatasnamakan pejabat Pemkot Surabaya.

Penipu tersebut dengan menghubungi korban menggunakan nomor WA 0813-3305-1810 mengatasnamakan dan memakai foto profil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Nomor itu sendiri dipastikan milik penipu tersebut.

“Jadi, itu tidak benar dan itu bukan nomornya Pak Wali,” kata Fikser kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (22/11/2022).

Sehingga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya M Fikser mengatakan penipu tersebut memperkenalkan diri sebagai Wali Kota Surabaya. Modusnya sedang menggalang donasi untuk membantu masjid dan panti asuhan.

“Mohon dikroscek terlebih dahulu kebenarannya, jangan gampang percaya karena tidak mungkin penggalangan dana dilakukan semacam itu,” imbaunya.

Sehingga Fikser juga meminta kepada masyarakat, apabila mengetahui perbuatan yang melawan hukum, agar segera melaporkan ke pihak berwajib. Sebab, Pemkot Surabaya tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kerugian yang ditimbulkan sebagai akibat dari penipuan.

“Hati-hati jika ada telepon yang meminta atau ada maksud tertentu mengatasnamakan pejabat pemkot, apapun alasannya hal itu tidak benar,” pungkas Fikser.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *