Duel antara Argentina vs Prancis akan tersaji dalam partai final di Piala Dunia 2022. Laga final tersebut akan dipimpin Szymon Marciniak setelah FIFA menunjuknya.

Final Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Minggu (16/12/2022) malam WIB, antara Argentina vs Prancis. Kedua tim akan berebut bintang ketiga di dada mereka.

 

Karena itu FIFA ingin pengadil terbaik untuk pertandingan tersebut. Maka terpilih-lah wasit asal Polandia Szymon Marciniak.

Marciniak akan ditemani dua kompatriotnya sebagai asisten wasit, yakni Pawel Sokolnicki dan Tomasz Listkiewicz. Ofisial keempat adalah Ismail Elfath asal Amerika Serikat.

 

Untuk wasit VAR adalah Tomas Kwiatkowski asal Polandia. Lalu, siapa Marciniak?

 

Wasit berusia 41 tahun itu sudah bertugas sejak 2002.

Dia diangkat menjadi wasit FIFA pada 2011 dan sudah memimpin 17 pertandingan sepanjang musim 2022/2023, dengan 86 kartu kuning dan satu kartu merah.

 

Marciniak adalah orang Polandia pertama yang menjadi wasit final Piala Dunia. Ketua Komite Wasit FIFA Pierluigi Collina menilai Marciniak sudah pantas memimpin pertandingan besar.

 

Di Piala Dunia 2022 ini, Marciniak sudah dua kali menjadi wasit dan semuanya melibatkan Argentina serta Prancis. Marciniak mewasiti laga Prancis vs Denmark di fase grup yang berakhir 2 – 1 untuk kemenangan Les Bleus.

 

Ada tiga kartu kuning lahir di laga itu. Lalu, dia mewasiti duel Argentina vs Australia yang dimenangkan Tim Tango 2 – 1 di babak 16 besar yang melahirkan dua kartu kuning.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *