SURABAYA, – Krisis energi fosil menjadi penyebab terbesar dari kenaikan BBM, terutama saat pemerintah resmi menaikkan harga pada September 2023 lalu. Selain itu transportasi yang menggunakan energi fosil memberikan pencemaran lingkungan yang cukup tinggi. Melihat hal tersebut, alternatif transportasi listrik semakin dilirik terutama saat pemerintah mendukung untuk beralih ke kendaraan listrik dengan memberikan subsidi 8 juta untuk beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan ini.

Sebelumnya, ITTelkom Surabaya merupakan bagian dari Telkom Group di bawah Yayasan Pendidikan Telkom. Dimana inovasi ini memiliki peran dalam Sustainable Development Goals (SGDs), yang mana di salah satu kategorinya mengenai energi bersih dan terjangkau. Motor listrik merupakan salah satu upaya memenuhi kategori tersebut. Di sisi lain, dilansir dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pada September 2022 mengatakan bahwa populasi sepeda listrik mencapai 10.300 kendaraan dan terus mengalami peningkatan. Tak mau ketinggalan, ITTelkom Surabaya meresmikan motor listrik, Jumat (23/12/2022) di kampus ITTelkom Surabaya.

“Mengingat kembali transportasi listrik pertama yang telah kita launching, pada dasarnya ini merupakan usaha untuk mengurangi pencemaran tranportasi listrik. Dengan beberapa mitra yang hadir disini, ini juga merupakan awalan dimana ke depannya ITTelkom Surabaya, Satlantas, dan PT MLI akan bekerja sama tidak hanya di kendaraan listrik saja namun juga ke kendaraan angkut, perijinan dan lainnya yang nanti akan dihubungkan dengan ICT,” Jelas rektor ITTelkom Surabaya, Tri Arief Sardjono.

Setelah berhasil melaunching truk listrik pada September 2021 lalu, kali ini motor listrik yang dilaunching semakin memperkuat visi misi ITTelkom Surabaya yakni sebagai perguruan tinggi berstandar internasional yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dengan fokus pada aplikasi di bidang industri maritim, transportasi dan logistik.

Sementara itu Kompol Arif Fazlurrahman, S.H, S.I.K,M.Si., Kasat Lantas Polrestabes Surabaya turut mengapresiasi dengan adanya kegiatan inovasi dari para Mahasiswa.

“Pertama kami dari Satlantas Polrestabes Surabaya menghubungi ITTelkom Surabaya dimana kami mendengar bahwa kampus ini berperan aktif dalam mengkonversi kendaraan fosil ke kendaraan listrik. Kami mewakili Pak Kapolri mengucapkan terima kasih untuk konsistensi pengembangan dan riset kendaraan listrik ini. Tentunya kepolisian tidak luput dari distrupsi teknologi dimana kami juga mencoba bergeser ke teknologi sebagai contoh bagaimanan pengantrian di jalan tol sudah menggunakan AI, untuk itulah kami berharap adanya kerjasama lebih jauh dibidang teknologi khususnya pengembangan kendaraan listrik sebagaimana fokus pemerintah saat ini” jelas Kompol Arif Fazlurrahman.

Ketua tim pengembang motor listrik & dosen prodi Teknik Elektro ITTelkom Surabaya, Moch. Iskandar Riansyah mengatakan motor listrik yang dikembangkan dan diresmikan merupakan motor listrik jenis trail yang sesuai dengan kebutuhan disegala medan, khususnya lintasan yang terjal.

“Sepeda motor ini bisa digunakan di jalan biasa maupun berlumpur. Prototipenya sebelumnya sudah sempat ditampilkan di pameran Grand City dan mendapatkan cukup banyak perhatian” jelas Moch. Iskandar.

Selain itu, menariknya motor listrik ITTelkom Surabaya dilengkapi dengan berbagai fitur antara lain:
– Kendaraan listrik ini memiliki sistem penggerak motor dengan type hub motor yang langsung menggerakkan roda tanpa sistem transmisi, daya motor ini memiliki spesifkasi 3000watt dengan effisiensi 91%. Sistem remot alarm yang digunakan pada kendaraan listrik ini sehingga mengikuti perkembanagan jaman
– Controller yang digunakan memiliki spesifikasi 72 v 100a yang dilengkapi dengan regenerative breake, sehingga saat proses pengereman juga mengisi daya
– Baterai pack ini memiliki spesifikasi 72v 30ah sehingga jarak tempuh yang dihasilkan lebih jauh yaitu 65-70 km, type baterai yang digunakan lebih aman dari ledakan
– Sistem remot alarm yang digunakan pada kendaraan listrik ini sehingga mengikuti perkembanagan jaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *