Situbondo – (BPBD) Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Situbondo mendata sekitar 16 pohon jenis trembesi berukuran sedang di sepanjang jalan raya Situbondo tumbang dan menutup badan jalan.

Tumbangnya belasan pohon trembesi itu, akibat dihantam angin kencang disertai hujan yang cukup lebat yang mengguyur wilayah Situbondo dan sekitarnya, mulai hari Jumat (23/12/2022) sore hingga malam.

Akibatnya arus lalu lintas dari Situbondo Menuju Kabupaten Banyuwangi dan sebaliknya sempat macet. Kemacetan terjadi hingga 1 jam lamanya sehingga antrean kendaraan mengular dari kedua arah mencapai 2 kilometer.

Kordinator Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo Puriono mengatakan, dalam peristiwa ini, tidak ada korban jiwa maupun kerusakan bangunan. Karena kejadinya ada di pinggi jalan raya.

Kata Puriono, selama proses evakuasi di lokasi, Petugas Satlantas Polres Situbodno, terpaska memberlakukan buka tutup jalan. Sehingga bisa mengurangi antrean panjang di jalan.

Menurut Puriono tumbangnya belasan pohon itu karena akar pohon yang rapuh sehingga tidak mampu menahannya.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya memprediksi sebagaian wilayah di Situbondo, akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Wilayah Tersebut diantranya Kecamatan Jatibanteng, Besuki, Subo, Mlandingan, Panarukan, Mangaran dan Kecamatan Sumbermalang.

Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada. Dan mengindari bertedu dibawa pohon, dan sejumlah tempat yang dinilai rawan.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *