JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan pemerintah segera membangun stasiun baru di Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Hal ini dilakukan guna menanggulangi lonjakan penumpang di stasiun tersebut. Budi mengatakan usulan pembangunan stasiun baru tersebut pertama kali dicetuskan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

“Secara kebetulan jarak hanya 500 meter (dari Stasiun Tanah Abang) itu ada tanah Perhubungan 4 hektare. Oleh karena itu kami akan bangun satu stasiun baru dengan menambah lintasan dari empat menjadi enam,” kata Budi Karya di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (26/12).

Menurutnya, pembangunan stasiun dan lintasan baru ini akan membuat mobilitas penumpang dan KRL semakin efisien. Dengan begitu penumpang di Stasiun Tanah Abang bisa lebih nyaman tanpa harus berdesak-desakan.

Budi menyebut pembangunan bisa dimulai pada Januari 2023. Nantinya, pembangunan stasiun dilakukan dengan kerja sama antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian PUPR, dan Pemprov DKI Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan saat ini atau setelah pandemi mobilitas penumpang di Stasiun Tanah Abang mencapai 48 ribu. Ia memproyeksi jumlah ini akan meningkat terus.

 

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *