Jakarta – Ekonom Bright Institute Awalil Rizky memperkirakan ekonomi Indonesia baru bisa betul-betul pulih pada 2027 mendatang. Saat ini, perekonomian dalam negeri dinilai masih sangat rentan.

 

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia memang sudah kembali ke atas 5 persen, seperti sebelum terjadi pandemi. Namun, itu dikarenakan basis pertumbuhan saat pandemi sangat kecil, sehingga tak bisa menjadi patokan.

 

“Kalau mau melihat apakah pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah pulih adalah kembali ke ukurannya, kuncinya barang dan jasa. Kalau melihat sekarang sampai 2027 juga kita belum pulih, ya 2027 paling cepat,” ujarnya.

 

Ekonomi Indonesia masih sangat rentan terhadap berbagai guncangan global. Jika salah kebijakan sedikit, maka bisa langsung anjlok ekonominya.

 

Untuk tahun depan, dia memproyeksi pertumbuhan ekonomi akan berada di bawah 5 persen. Hal ini dikarenakan komponen pendorong ekonomi tidak sustain, seperti saat ini karena kinerja ekspor yang sangat positif akibat kenaikan harga komoditas.

 

“Tahun ini dikatakan kemungkinan tumbuh 5,2 persen dan di tahun depan juga 5,2 persen lagi. Sebenarnya, jelas sekali 5,2 persen (2023) berat, paling hanya 4,8 persen lah,” tutupnya.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *